Resep Rendang Daging Sapi Khas Masakan Padang

Bagi para ibu pasti sudah tidak asing memasak rendang, apalagi untuk disajikan ketika Hari Raya Idul Fitri, pasti dinanti-nanti oleh semua orang. Rendang memang masakan yang paling diidamkan karena rasanya yang begitu nikmat, apalagi rendang daging khas Padang. Tapi tidak hanya untuk lebaran saja, setiap hari juga bisa anda sajikan. Maka dari itu, ada resep rendang daging sapi yang akan kami sajikan di bawah ini. Dengan resep ini, setidaknya anda bisa mengetahui resep rendang khas masakan Padang. Karena, rendang yang paling nikmat memang rendang khas Padang.


Bahan yang diperlukan adalah:
Siapkan 1 kg daging sapi rendah kalori, lalu potong daging sesuai selera. Agar lebih mudah dimasak sebaiknya dipotong dengan bentuk tipis-tipis.
Kemudian siapkan 3 butir kelapa dan peras ambil airnya, bagi menjadi 1000 ml santan kental dan 1000 ml santan cair.

Selanjutnya siapkan bumbu rendang:
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun kunyit
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 3 cm laos digeprek
  • 2 biji asam kandis
  • Bumbu halus: 20 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 1 ons cabe merah keriting, 2 ruas jahe, 5 buah kemiri, 2 cm jahe serta garam secukupnya.
Cara Membuat Rendang :
Langkah pertama, rebus santan cair bersama bumbu yang dihaluskan tadi, aduk hingga rata. Dalam resep masakan rendang, perlu diperhatikan bahwa santan harus selalu diaduk agar tidak mengempal. Santan perlu diaduk agar tidak pecah sehingga nantinya hasilnya lebih bagus. Serta masukkan serai, daun kunyit, daun jeruk, asam kandis dan laos, kemudian aduk merata hingga mendidih dan bumbu menyatu dengan santan.

Kemudian, masukkan daging perlahan sambil diaduk rata. Masak hingga daging menjadi empuk dan tidak keras. Anda bisa mencobanya dengan menusuk daging dengan garpu sehingga bisa diketahui kematangan daging tersebut. Nah, perlu anda perhatikan juga, jika daging memang sulit menjadi empuk, maka ada alternatif lain. Anda bisa merebus daging terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukkan ke dalam campuran santan. Sehingga daging tidak perlu dimasak dalam waktu lama. Namun, jika anda merebus daging terlebih dahulu, sebaiknya kurangi persediaan santan agar tidak terlalu banyak.

Setelah daging cukup empuk dan santan biasanya menyurut, maka masukkan santan kental dan aduk kembali. Gunakan api sedang agar daging bagian bawah tidak menjadi gosong. Masak hingga santan mengeluarkan minyak, maka rendang daging sapi siap disajikan.

Jika anda ingin menyajikan rendang daging sapi agar tahan lama, maka cara membuat rendang tersebut adalah dengan memasak rendang hingga kering, hingga air santanya menyusut. Nah, rendang ini bisa anda siapkan untuk beberapa hari. Selain itu, jika anda menginginkan rasa yang pedas, maka anda cukup menambahkan cabe merah keriting lebih banyak. Lebih baik menggunakan cabe merah keriting karena rasanya lebih pedas dan lebih mudah dihaluskan dibanding cabe merah biasa. Nah.. bagi para ibu silahkan mencoba resep ini.